BUAH KERSEN (TALOK)


BUAH KERSEN (TALOK) – Muntingia calabura L.

kersen

Kersen atau talok terutama yang telah masak kaya akan kandungan vitamin C. Sehingga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu metabolisme lemak dan mencegah bibir pecah-pecah. Tidak hanya itu, buah dengan rasa manis ini juga memiliki kandungan vitamin A tinggi berupa betakaroten yang memiliki fungsi biologis sebagai antioksidan serta mampu menjaga fungsi biologis sebagai antioksidan serta mampu menjaga fungsi penglihatan dan kulit. Selain itu kandungan mineral penting pada talok pun begitu melimpah, baik mineral makro maupun mikro. Sementara, secara tradisional talok dapat digunakan untuk mengobati asam urat, terutama mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat penyakit tersebut.
UNTUK OBAT ASAM URAT
Ambil talok yang sudah matang, pisahkan daging buahnya dari kulit dengan cara ditumbuk, lalu rebus dengan perbandingan satu bagian air dengan tiga bagian talok. Selebihnya bisa juga ditambah gula, vanila, garam, dan kayu manis secukupnya. Lalu rebus sampai mendidih sambil diaduk. Kemudian saring untuk menghilangkan ampasnya.
BUNGA TALOK
Tidak hanya buahnya, bunga talokpun memiliki manfaat, bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan karena kolesterol tinggi, bisa diatasi dengan merebus satu hingga 2 genggam daun talok segar dengan 3 gelas air. Sisakan air rebusan hingga 1 gelas dan minum ramuan tersebut secara teratur 3x sehari. Air rebusan dari ramuan bunga talok segar tersebut juga bisa turunkan kadar asam urat dalam darah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s